Penyebab Haid Telat Dan Solusinya

Secara awam penyebab telat datang bulan/ haid antara perempuan   satu dan  yang lain tidak selalu sama. Adalah terdapat beberapa kemungkinan mengapa seorang perempuan terlambat haid atau menstruasi.
Penyebab Haid Telat Dan Solusinya

Tetapi demikian umumnya perempuan   mengambil konklusi terlalu dini terhadap hal ini dengan menganggapnya sebagai pertanda kehamilan, pasalnya telat haid atau menstruasi ini sangat identik menggunakan tanda-tanda wanita yg sedang hamil.

Memang telat haid adalah keliru satu pertanda kehamilan, namun biasanya tanda-tanda kehamilan akan timbul menggunakan gejala-tanda-tanda lainnya, seperti mual serta muntah, kepala pusing, badan cepat lelah, serta lain sebagainya.

Jadi Jika hanya terlambat datang bulan saja tanpa ada tanda-tanda lainnya, maka itu bukan suatu indikasi hamil serta mampu dikarenakan hal lainnya.


Apa Penyebab Telat Datang Haid pada Wanita?


Menstruasi terjadi sebab peluruhan dinding bagian pada pada rahim. Ovarium secara teratur menghasilkan sel telur, yang Jika tidak dibuahi akan menyampaikan frekuwensi di rahim buat meluruhkan dinding dalamnya. Bila ovarium terlambat membentuk sel telur maka terlambat pula frekuwensi yang dikirim ke rahim.

Secara normal rata-rata perempuan memiliki daur menstruasi setiap 28 hari, dengan jarak berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi tidak selalu sama tiap bulannya menggunakan pergeseran beberapa beberapa hari pada tiap-tiap bulannya kecuali Jika memang daur menstruasinya kebetulan berkisar kurang lebih 30-31 hari. Ada banyak hal yang mampu menyebabkan terjadinya telat datang bulan, berikut selengkapnya.

Dilema Psikis
Hal pertama yg kemungkinan akbar bisa mengakibatkan seorang perempuan terlambat tiba bulan artinya karena faktor psikis. Poly hal yang menyebabkan terjadinya stres, diantaranya tekanan lingkungan kerja, kelelahan, urusan rumah tangga, serta lain sebagainya. Stres akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yg dihasilkan tubuh, yg menyebabkan terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

Faktor Usia
Faktor penyebab terlambat tiba bulan berikutnya mampu berupa faktor usia. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak perubahan hormon, tubuh yg sedang menyesuaikan menggunakan hormon kewanitaan kadang akan mengakibatkan telat datang bulan. Demikian juga di usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh kembali mengalami masa transisi yang jua akan menyebabkan haid kurang teratur. Sesudah benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami haid lagi karena ovarium sudah tidak membentuk sel telur.

Faktor PCO
Faktor PCO atau polycystic ovary merupakan waktu tubuh perempuan menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron daripada hormon wanita Estrogen serta Progesteron. Ini akan menyebabkan ovarium tidak bisa memproduksi sel telur yang sempurna, sehingga pelepasannya bukanlah ovulasi. Bila tidak terjadi ovulasi, maka tidak terjadi haid. Fakto PCO ini mampu menyebabkan tidak haid dalam saat lama , mampu berbulan-bulan. Keterangan buruknya merupakan Jika tidak terjadi ovulasi maka juga akan sulit mengalami kehamilan.

Faktor berat badan
Faktor berikutnya adalah berat badan. Berat badan yg tidak ideal, baik itu dibawah atau diatas berat badan ideal akan mengakibatkan terlambat haid. Perubahan berat badan yang mendadak jua mampu menjadi penyebabnya. Berat tubuh dibawah ideal akan mengakibatkan fungsi organ tubuh tidak maksimal , termasuk jua di organ kewanitaan. Sedangkan Jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin sebab tubuh menetapkan bahwa sedang tidak berada dalam syarat ideal buat mempunyai keturunan.

Penyebab Haid Telat Dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown